Free Translation

August 17, 2011

Secret Garden & The Little Mermaid Story

Buat penggemar drama korea secret Garden tentu tahu bahwa ada banyak kaitan antara Secret Garden dengen cerita /dongneng klasik sepeti Cinderella. Alice in Wonderland  dan terutama dongenng klasik Little Mermaid atau yang kita kenal dengan Kisah Si Putri Duyung. Di drama ini banyak sekali perumpamaan yang yang dikaitkan dengan cerita putri duyung.


Tokoh utama Secret Garden, Kim Joo Won seperti punya banyak pikiran yang diperngaruhi dongeng-dongeng klasik. Salah sastu dongeng klasik yang merupakan kisah sedih adalah Little Mermaid. Mungkin ada yang penasaran bagaimana sebenernya dongeng Little Mermaid yagn selalu disebut-sebut Kim Joo Won itu.

Al kisah diceritakan putri duyung/little mermaid, anak bungsu raja laut adalah mahluk penghuni kerajaan lautan yang mempunyai dunia berbeda dengan dunia daratan. Little mermaid terkenang putri yang tercantik dan bersuara paling indah.

Mermaid tidak punya jiwa seperti manusia, tidak bisa hidup di darat dan mempunyai umur panjang hingga 300 tahun. berbeda dengan manusia  yang tidak bisa hidup di laut, mempunyai jiwa dan berumur pendek. Dikisahkanjuga jika manusia itu mengakhiri umurnya dengan mati, sedangkan mermaid mengakhiri hidupnya dengan menghilang menjadi buih di lautan. Para duyung yagn telah berumur 15 tahun diijinkan untuk naik ke atas permukaan laut dan melihat dunia manusia namun mereka diingatkan bahwa mereka tidak bisa hidup di luar karena dunia merak berbeda dan hanya bisa sebatas mengagumi dunia luar saja. Little Mermaid banyak mendapat kisah menarik dari kakaknya tentang dunia luar/darat dan sangat penasaran ingin melihatnya sendiri. Akhirnya saat pun tiba di mana dia boleh pergi ke permukaan laut.

Saat itu dia bertemu sebuah kapal yagn dis ana sednag merayakan ultah pangeran. dia sangat terpesona oleh ketampanan pangeran itu, namun dia hanya bisa melihatnya dari jauh. Ketika itu badai menerjang, kapal pun terbelah, semuanya termasuk pangeran tenggelam ke laut. Little mermaid yang sadar pangeran tidak bisa hidup di laut berusaha menyelamatkan pangeran. Dengan mengandalkan kekuatanya sendiri yagn hampir habis little mermaid terus berusaha mempertahankan dan membawa pangeran tetap dipermukaan air. Little mermaid langsung jatuh cinta pada pangeran dan menciumnya dengan lembut saat pangeran tak sadarkan diri. Dia lalu membawa pangraen ke daratan di mana terdapat sebuah kuil.
Littele mermaid tidak bisa lama di darat dan tidak bisa terlihat ekornya sehingga dia sembunyi di air. dia lalu meliaht seorang gadis muncul melihat orang terdampar dan banyak akhirnya orang berdatangan. pangeran semapt meliaht ke arah little mermaid namun pangeran tidak mengenalinya.

Little mermaid kembali ke laut, di rumahnya dia selalu murung dan tidak mau makan karena teringat cintanya kepada pangeran. dia ingin bersama dengan pangeran lalu bertekad menemui penyihir yang bisa mengubah ekornya menjadi sepasang kaki yang indah. namun ada syaratnya perubahan itu harus dibayar dengan lidah putri, sehingga akhirnya putri tidak bsia bersuara lagi. ada lagi kondisi lainnya kaki manusia itu akan terasa sangat sakit jika dipakai berjalan bahai terhunus-hunus benda tajam. Little Mermaid menyanggupinya.  little mermaid bisa bertahan hidup sebagai manusia jika pangeran mencintainya dan menikah dengannya. namun jika pangeran menikahi wanita lain dan mencium wanita lain littel mermaid pun akan berakhir hidupnya dan akan hilang bagai buih di lautan.

Akhinry duyung bisa bertemu pangeran dan tinggal di dekat istana pangeran, pangeran pun jatuh cinta padanya walau putri duyung tidak bisa bersuara. Putri duyung walau kakinya sering kesakitan bagai ditusuk tusuk pisau tetapi bisa bertahan asal dia berada di dekat pangeran. suatu ketika pangeran terkenang akan gadis yang menurutnya menyelamatkan dia, tapi pangeran tidak sadar bahwa sebenarnya putri duyunglah yang menyelamatkan dia.
Hal buruk terjadi pangeran ternyata harus dijodohkan oleh raja kepada putri dari kerjaan lain. pangeran berjanji dia dan berkata bahwa dia bagaimanapun tetap mencintai putri duyung dan ingin brsamanya. Suatu ketika pengeran bertemu dengan putri yang dijodohkan padanya alangkah terkejutnya karena putri itu adalah wanita yang pertama ditemuinya di kuil saat dia terdampar yang dia anggap sebagai penyelamatnya. Pangeran senang padanya dan dengan sukacinta mau menikah dengannya.
kakak-kakak little mermaid tahu cerita sedih adiknya, merkapun ingin menyelamatkan adiknya, mereka dengan mengorbankan rambut keemasannya mendapatkan pisau sihir dari sang penyihir. adiknya akan tetap hidup jika dia menusuk pangeran dan calon pengantinya sebelum esok tiba.

Putri duyung mencoba menjalankan misinya namun dia tak tega begitu melihat pangeran dan tidak mau menusuk pangeran yang dicintainya itu.
putri duyung mencium pangeran, lalu dia ke laut dan melempar pisau itu ke lautan. Tak lama kemudian putri duyungpun sampai di akhir hidupnya dia pun menghilang bagai buih di lautan...

Itulah kisah little mermaid ...seperti yang disebut Kim Joo Won bahwa dia dan Ra Im seperti kisah itu berasal dari dunia yang berbeda, walau saling mencintai tetapi tidak mungkin bisa bersatu pada akhirnya. mereka hanya bisa "pacaran" sekian waktu tapi akhirnya Joo WOn pun harus menikah dengan jodoh pilihan kelaurga dan akhirnya Ra Im pun akan lenyap menhilang bagai buih di lautan.

bahkan seperti yang diketahui Oska , Kim Joo Won menjadikan cerita itu mirip dengan cerita sedih para wanita kedua yang hanya menjadi wanita simpanan atau gundik para raja-raja.

Ra Im tidak mau dan merasa terhina jika harus menjadi putri duyung atau hanya wanita simpanan saja.
Kita lihat nanti diepisode-episode akhir interpretasi Joo Won terhadap kisah cerita dua dunia itu berubah. . Jika memang mereka tidak bisa bersatu joo won yang berkorban dan memilih dirinya untuk menjadi putri duyung yang menderita dan menghilang bagai buih di lautan....

 Bakal termehek-mehek haru loh di akhir-akhir episode sama Joo Won...

7 comments:

  1. yah.. ternyata beneran sad ending... tp untung akhir sg g sad ending ya teh.. meski susah dapat restu ibunya joo won tp mrk bs hidup bahagia bersama punya anak banyak... haha.. *kasih bocoran bwt yg lom liat.. ekeke* syaoran

    ReplyDelete
  2. iya littel mermaid itu emang cerita sad ending/kisah cinta tragis tapi bukan SG hehe...iya untungnya SG ga sad ending...aku awalnya beneran deng-degan takut kayak bener cerita little mermaid...

    ReplyDelete
  3. Sad Story.... trharu baca'y ajja. hikss.... :'(


    -Irene-

    ReplyDelete
  4. lebih mirip crita my girl friend is gumiho kalo little mermaid mah

    ReplyDelete
  5. setelah lama tahu drama ini dan baru 2013 bisa nonton, dan benar benar bikin mewek. penasaran sama yg little mermaid untung mbak bahas disini. da sesuai sama dramanya. terimakasih ;)

    ReplyDelete
  6. SECREET GARDEN ASYIKKK

    ReplyDelete

Silakan tulis komennya di sini ya...

Related Posts with Thumbnails