Free Translation

July 22, 2013

Drama Korea Shark (Don't Look Back : The Legend of Orpheus)

Halo Fams...Pa Kabar?

Ayo sapa yang ngikutin drama come back-nya Appa? Kangen apa kangen hehe...

Udah pada tahu kan drama come back nya Appa Kim Nam Gil  yang berpasangan dengan Son Ye Jin ini berjudul koreanya Sangeo atau Hiu kalau kita terjemahkan dalam bahasa indonesia. Drama ini sudah tayang di korea sekitar 2 bulan di KBS 2.

Drama ini juga didukung OSTnya oleh penyanyi setenar BoA yang menyenandungkan lagu mengharukan dengan indah "Between Heaven and Hell".
Walau kita mengenalnya dengan judul Shark, namun judul bahasa Inggris drama ini  adalah Don't Look Back: The Legend of Orpheus".

Loh kok judulnya beda amat judulnya?
Tenang itu kreatif namanya, bukan drama korea klo ga begini.
Drama ini memang diilhami oleh cerita mitologi Yunani kisah Orpheus. Terutama bagian kematian Eurydice, istri dari Orpheus.

Lalu kira-kira kenapa judulnya Sangeo atau Shark ya?
Pertama mungkin biar keliatan "garang" juga kalee karena ini drama tentang "revenge" Dan emang Appa Nam Gil ini kok gemar ya drama2 berbau antagonis gini. Hihi ini uniknya Appa. Kalau aktor lain cari yang beda justru cari yang mirip...tapi... dia buat beda hehe. Menurut Appa menyelami kesedihan tokoh utama adalah sebagai obat buat dirinya sendiri (oh gitu ya Appa)

Kembali ke Judulnya Shark ini ya. Rupanya Hiu ini binatang favoritnya Han Yi Su atau Han Yi Soo, tokoh utama pria drama ini. Yi Soo di sini menyukai hiu ini bukan karena hiu binatang yang sangar dan kuat, tapi katanya karena kasian, karena mungkin tak ada orang yang akan suka dengan hiu (bener juga kan ya hehe).
Hae Wu juga akhirnya kasian kepada hiu.Karena dari cerita Yi Su, hiu tidak punya gelembung renang, sehingga dia harus bergerak terus untuk hidup, walau saat dia tidur.

Han Yi Su pun akhirnya diberi hadiah kecil ukiran hiu oleh teman dekat wanitanya Jo Hae Wu (Jo Hae Woo), Hiu yang menurut Hae Wu sudah dia buatkan gelembung renang supaya hidupnya mudah(emang bisa gitu ya hehe)

Apa hubungan Shark dengan Legenda Orpheus?
Nah, kalo Yi Su favoritnya ikan hiu (selain juga astronomi), Hae Wu menyukai seni. Dia punya pelukis favorit yaitu Chagall (setelah googling rupanya Chagall itu sejaman juga dengan Picasso hanya saja Chagall ini panjang umur masih hidup sampai kira2 tahun1980-an).
Lukisan Chagall yang paling disukainya adalah 'Legend of Orpheus'. Walau legenda ini kisah sedih, sad ending dengan istrinya, tapi lukisan itu tampak berwarna dan membahagiakan. Jo Hae Wu bercerita bahwa Orpheus adalah tipe lelaki idamannya, karena berani melintasi dunia kematian untuk mencari istrinya. Di legenda itu, karena Orpheus melanggar perjanjian dengan Hades untuk tidak menoleh ke belakang (don't look back), dia akhirnya kehilangan istrinya.

Bagaimana storyline drama ini?


Drama ini dengan persahabatan dan asmara yang dijalani Jo Hae Wu dan Han Yi Su semenjak SMA, 12 tahun yang lalu. Jo Hae Wu gadis dari keluarga pemilik hotel besar di korea. Sedangkan Han Yi Su anak dari supir kakeknya Jo Hae Wu.
 
Hubungan Ayah dan Ibu Jo Hae Wu tidak harmonis, dan akhirnya berpisah. Jo Hae Wu pun lebih dekat pada Kakeknya.

Ibu Han Yi Su sendiri sudah meninggal.Yi Su tinggal dengan ayah dan adiknya, Yi Hyeon. Mereka pun akhirnya sempat tinggal bersama di rumah keluarga Jo Hae Wu. Hubungan manis Hae Wu dan Yi Su dimulai sejak saat itu.
Selain kedua orang sejoli itu mereka juga bersahabat dengan teman sekelas mereka Kim Dong Su dan kakak kelas mereka Oh Jun Yeong.

Rupanya sang Kakek, Chairman Jo Sang Guk, walau dikenal sebagai pahlawan kemerdekaan Korea, namun punya masa lalu yang kelam yang hampir tidak ada orang yang tahu. Orang Jepang-Korea Yoshimura Junichiro-lah salah seorang tahu masa lalu  Kakek dan juga diam-diam punya dendam pribadi.

Suatu hari ujian berat menimpa ayah Han Yi Su, Han Yeong Man. Selain dia pribadi merasa sadar punya kesalahan masa lalu, ayah Jo Hae Wu juga menabrak seseorang dan kabur. Ayah Han Yi Su lah yang atas perjanjian dengan Kakek bersedia menanggung kesalahan ayah Jo Hae Woo (maksud lain sambil bertobat atas kesalahan masa lalu). Tapi tragedi lain menimpa Han Yeong Man, dia rupanya tak sengaja melihat dokumen rahasia masa lalu sang Kakek. Ayah Han Yi Su pun mati dibunuh dengan racun.

Han Yi Su sadar ada yang tidak beres dengan kasus ayahnya, mulai dari dituduh sebagai pelaku tabrak lari sampai kematiannya. Dia minta bantuan polisi, namun rupanya detektif yang menangani kasus ayahnya pun bersekongkol karena uang. Detetif jahat itu malah sempat memenjarakan Yi Su yang tengah marah krn diperlakukan tak adil. Yi Su bertekad mencari sendiri keadilan untuk ayahnya, menyelidiki mulai dari peristiwa tabrak lari. Dia pun hanya sendiri tanpa berusaha melibatkan Jo Hae Wu. Yi Su pun bercita-cita menjadi Jaksa. Yi Su akhirnya curiga bahwa Ayah Jo Hae Wu lah pelaki tabrak lari sebenarnya.

Akhirnya hidup Yi Soo pun dalam bahaya karena dia juga menemukan dokumen rahasia masa lalu Kakek yang sempat disimpan ayahnya. Dia sempat meminta tolong seorang detektif yang rasanya bisa dipercaya. Namun naas sebelum detektif itu tiba, Yi Su mengalami tragedi mengerikan dan dinyatakan mati/hilang.
 
Ke mana Han Yi Su?

Presdir Yoshimura Junichiro lah yang menolong Yi Su yang tengah sekarat dan rusak wajahnya dan lalu membawanya ke Jepang diam-diam.
 
 Presdir Yoshimura tahu Yi Su mempunyai dendam juga pada keluarga Jo, dia pun mengangkat Yi Su menjadi anak angkatnya. Yi Su pun punya wajah baru dan identitas baru, Yoshimura Jun atau Kim Jun. Yi Su sudah dianggap mati ditelan bumi, berganti Kim Jun  dengan kepribadian baru yang penuh dendam.

12 Tahun Kemudian (Saat ini)
Yi Su aka Kim Jun (diperankan Kim Nam Gil) kembali ke korea sebagai anak dari pemilik Hotel Giant, hotel besar di Jepang yang akan ekspansi bisnis ke Korea. Tujuan Hotel Giant tentu menyaingi Hotel Keluarga Jo di Korea bahkan diam-diam ingin meruntuhkan mereka. Tak hanya itu, Kim Jun pun telah menyusun rencana untuk mencari keadilan dan mengungkap kasus yang menimpa ayahnya dan dirinya dengan caranya sendiri yang diwarnai dendam.

Kedatangan Kim Jun ke Korea ternyata berbarengan dengan pernikahan Jo Hae Wu (diperankan Son Ye Jin) dengan kakak kelasnya, Oh Jun Yeong.(telat nih Yi Su datangnya)
 

Walau cintanya tetap besar terhadap Jo Hae Wu, namun trauma dan kebencian  mengalahkannya. Sejak saat itu lah misinya di mulai. Prinsipnya adalah membalas apa yang telah orang perbuat padanya, dan tekad Kim Jun adalah bergerak terus, "Don't Look Back."

Lalu lewat siapa Yi Su  atau Kim Jun mengungkap kejadian masa lalunya sekaligus membalas dendam?
Tak lain, tak bukan, diam-diam melalui Jo Hae Wu, yang saat ini  sudah menjadi Jaksa, meneruskan cita-cita Yi Su.

Siapa kira-kira orang yang pertama kali diincar Kim Jun?

Oh ho...menarik, bukan?

Buat yang suka drama misteri, suka drama artistik, suka drama2 yang banyak berisi flashback, nonton drama ini akan cocok deh.
Dan buat para penggemar Appa Kim Nam Gil...harus nonton pastinya hihi.

 


dipersembahkan buat:
- buat fams RF, terutama buat yang dulu ngaku bininya Appa hihi
- buat yang dulu hobby baca Catatanku
- buat yang suka ama Appa
- buat anak2 DSS Indo (ayo kita tamatin ngesubnya hihi)

11 comments:

  1. Waaaaooow. Baca catatan ini macam sudah lihat 5 episode pertama. Daeebak.
    lanjut mak, boleh niy kisah soo ha juga ditulis di mari...♥♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ipeh udah mampir kemari. klo singkat bisa lah...
      klo sinopsis udah ga sanggup... udah ada kerjaan ngesub sekarang soalnya hihi.

      pernah bahas si Culkin ini waktu maen di Secret Garden...kok sama juga sama si pengacara cha main barengnya hihi. tapi yang dulu jadi Tae Sung yang gay hihi. sekarang jadi Su ha yang suka orang dewasa...aneh2 si culkin kita ini ya.

      Delete
  2. gomawo teh nana!^^
    jadi inget kalo lagi ngomongin app dulu :P
    dari pertama memang drama ini sudah menarik, taoi entahlah kok mudnya malah nurun hehe
    teh na, selamat puasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama dira...

      wah bukannya makin seru nih Dira...ayo semangat lanjut nontonnya. udah nonton sampe episode berapa?

      Selamat puasa juga Dira, maaf lahir batin yaa...

      Delete
    2. wah.. teh nana nulis lagi^^ karena KNG comeback..
      lho baru tau dira juga semangetnya nurun nonton drama ini,, kok sama sih dira,, nggak tau kenapa aku juga ngerasain hal yang sama,, aku malah mandeg di dua episode pertama,,

      Delete
    3. iya teh, dira juga mohon maaf lahir batin :)

      emang makin seru sih mbak, tapi dira lebih suka appa yang lebih tegas dari yag di drama (kayak ketika masih remaja gitu...)
      beda sama mbak irfa, mud dira memang mulai turun sejak episode 4 tapi tetep ngikutin hehe kan appa masih main di sana
      paling suka ya scene dia sama yi hyun, senyumnya polos banget LOL

      SEMANGAT TEH NGESUBNYA XD
      btw lagi ngesub apa? :P

      Delete
    4. nge sub shark lah apa lagi haha.sub-indo di DSS

      Delete
    5. eh,mian teh jadi ngeraguin teh na wkwkwkwk
      SEMANGAT YA TEH!

      Delete
  3. udah nonton , keren
    pengen liat lagi

    ReplyDelete
  4. Beneran nih drama keren banget. Wajib nonto yg suka drama. Serius ini keren banget

    ReplyDelete

Silakan tulis komennya di sini ya...

Related Posts with Thumbnails