Free Translation

April 3, 2011

Review IRIS The Movie - Ending IRIS

(tulisan ini buat yang udah ngikutin IRIS sebelumnya)

Dari dulu liat ending IRIS yang ngengantung dan nyesek. Jadi penasaran sama K-Movie IRISnya.
AKhirnya dapet info dari bu pim apni rf tentang endingnya dan link you tubenya.
Sayangnya waktu itu videonya blom ada subtitlenya dan dapet berbapa menit pas endingnya aja (yang bikin penasaran itu).Sempet bingung juga nebak-nebaknya. Tapi jadi jelas di mata siapa sebenernya penembak Hyun Jun itu dan langsung kaget ga percaya.

Setelah di RF heboh athena, dan penasaran nonton athena karena ada akang Cha Seung Won, penasaran juga sama IRIS movienya. Karena agak bingung juga ternayta seperti ada missing link antara IRIS, Athena dan ending IRIS di IRIS the movie.
Jadinya terus ngubek2 dapet deh Movie IRIS lengkap dengan subtitlenya.
DI Jepang K-Movie IRIS disebut dengan IRIS the Last.


Di forum-forum spt indowebster banyak yang kecewa karena movie  IRIS yagn dikira bener-bener lanjutan ternyata cuma ringkasan dan potongan dari adegan drama-drama IRIS. Tapi klo aku sih terrus terang ga kecewa nonton IRIS the movie. ya gak sempet lah mereka juga shooting ulang lagi...sekalian aja ngambil adegan trus dipake buat film ya ga?
Justru menurutku potongan-potongan misteri dari drama IRIS yagn panjangnya 20 episode itu berhasil dirangkum dan ditarik benang merahnya dengan apik, sehingga kita benar-benar bisa menyimpulkan misteri isi drama itu sebenernya. Kalau dulu pertama kali lihat IRIS terus terang masih bingung sama kaitan-kaitan potongan misteri satu dengan lainnya.

Lagian memang drama IRIS ini penggambilan gambarnya udah seindah film, jadi tetep asyik nonton filmnya. Emosi Lee Byung Hun yagn memerakan Kim Hyun Jun yang bagus, dan chemistry dengan Kim Tae Hee yang memerankan tokoh Choi SEung Hee tidak luput terabadikan dalam kisah romantis di filmnya.
Jika di drama kita banyak lihat adegan berulang-ulang atau flash back yang banyak di filmnya alur cerita tampak rapi dan ta ada pengulangan adegan.
Adegan aksi andalan saat kebut-kebutan mocil di jalanan di Hungaria dan adegan aksi antara Lee Byung Hun dan TOP di Jepang juga kembali dipertontonkan.


Salah satuyang jadi favoritku adalah bagaimana sutradara membuka drama ini. Prolog drama ini, di mulai oleh Choi Seng Hee yang menceritakan legenda sedih di balik patung di danau itu. Sambil bercerita lalu diperlihatkan kilasan cinta antara Choi SEung Hee dan Kim Hyun Jun di Jepang yang romantis banget.

Namun di film ini tidak menceritakan banyak tentang JIn SA Woo yaitu ttg hubungan Kim Hyun Jun dengan Jin Sa Woo, di NTS dan bagaimana kepemimpianan Jin Sa Woo di IRIS dan kematian Jin SA Woo.
Film ini juga tidak mengisahkan hubungan dekat Kim Soen Hwa dengan Kim Hyun Jun.

FIlm ini banyak mengisahkan tentang hubungan korea utara dan selatan, bagaimana keterlibatan IRIS yang menyusup di kedua negara. Di mulai dengan keterlibatan IRIS yang mengorbankan Kim Hyun Jun setelah suatu misi rahasia membunuh pimpinan korea utara. Di sini dicertakan tokoh Kim Soen Hwa yang ternyata berbeda dari pandangan/perkiraan kita (aku) selama ini. Selama ini banyak yang mengira (termasuk diriku) bahwa Kim Seon Hwa tunduk pada perintah Park Chung Young sebagai atasan langsungnya tapi lalu sedikit "membelot" dan berada di pihak Hyun Jun, karena alasan pribadi (cinta lah gitu).

Namun Di film ini diperlihatan adegan bahwa sebelum Kim Soen Hwa dikirim ke Jepang untuk membunuh Kim Hyun Jun sebagai syarat pengampunan dirinya. Kim Seon Hwa menghadap jendral Yoon, atasan Park Chul Young. Dia menceritakan bahwa orang yang bisa mengeluarkan dirinya dari dalam penjara adalan orang yang dengan kekuasan setinggi dirinya. Dia lalu ingin mengatakan pada Seon Hwa misi Seon Hwa yang sebenarnya.

-Ending (spoiler)-
Yang sudah menonton drama IRIS atau mengikuti sinopsisnya tentu sudah hafal bahwa Baek San dan Jendral Yoon ini adalah anggota IRIS, dan punya agenda tersendiridi negaranya yang sejalan dengan IRIS.

Setelah Kim Hyun Jun dan Kim Seon Hwa berhasil menemukan lokasi bom nuklir dan mengamankannya. KE dua kore tampaknya sudah aman. Kim Hyun Jun dan Choi Seung Hee pergi berlibur berdua.
Namun ternyata di korea utara, Kim Seon Hwa menodongkan pistol kepada Park Chul Young. Park Chul Young kaget dan tak menyangka.
Kim SEon Hwa yagn datang bersama 2 oragn lainnya berkata pendek
"Saya dengar Anda melawan terbentuknya negra muda korea yang kuat"
Dia lalu menembak dada kiri Park CHul Yong, dan tak lama kemudian dada kanannya. Park CHul Young ambruk di meja kerjanya.
Lalu saat KIm Hyung Jun yang tengah liburan membeli cincin untuk melamar Choi Seung Hee, tiba-tiba mobilnya mengalami kecelakaan. Kim Hyun Jun di tembak. Dan siapa yang terlihat menodongkan senapannya dari jauh?

Dia adalah Kim Soen Hwa! Kim Seon Hwa berada di boat/kapal pesiar tak jauh dari pinggiran pantai.


Kim Soen Hwa lalu teringat perkataan jendral Yoon,
"ini lah misimu yang sebenarnya.."
Ingatannya lalu terbang saat dia mulai ke Jepang mengejar Kim Hyun Jun dan terakhir menembak Kim Hyun Jun"
Sepertinya membunuh Kim Hyun Jun  tetap misi Seon Hwa yang sebenarnya dari awal...

Ending yang di luar dugaan...

Oh ya buat yang nonton Drama Athena, Goddes of War, tentu menyaksikan munculnya Park Choul Young di athena. Berarti kemungkinan Park Chul Young belum tewas, dan Kim SEon Hwa pun di episode2 akhir athena dimunculkan lagi.
Rupanya masih banyak misteri nih, sehubungan penembangan Park CHul Young di IRIS The Last an kemunculan Park Chul Young di athena yang sempat memperingatkan Kim Soen Hwa.
Jadi penasaran sama rencana munculnya IRIS 2. Apakah IRIS 2 juga menceritakan mengenai kematian Hyun Jun. APkah Hyun Jun juga benar-benar sudah tewas?
Kita tunggu jawabannya hehe...

Buat yang belum tahu jalan cerita IRIS bisa dilihat di menu IRIS ya...
Jangan lupa juga ikuti liputan all about athena selama bulan april di www.pelangidrama.net

source : asianmediawiki, indowebster

13 comments:

  1. ih g nyangka ternyata bener yg bunuh mbak itu.. kayakny da sedikit rasa cemburu ya teh.. pan kl ddrama kl g salah dia dah iklas n g pernah cemburu... iya kan teh.. +istri ayang changmin..

    ReplyDelete
  2. wah, anis belum nonton athena sampe park chung hyul ngingetin Kim Soen Hwa...

    tapi gak apa2 deh,, mati aja Hyun Joonnya..
    takut bosan nontonnya..:P

    ReplyDelete
  3. oo gitu to endingnya... kemarin si sempet pinjem movie iris, tapi ga jadi tak tonton karena memang blum tertarik, ga ada waktu ma belum baca sinop drama irisnya... ditambah lagi dvdnya yang erorr.. seru...seru...seru ternyata... berencana nonton ah....
    berarti Kim Soen Hwa agen IRS juga bukan? atau memang cinta ma korut, atau juga karena perintah jendralnya biar ga dikeluarin?... wah berarti nanti nyambung ya antara Drama IRIS, Iris movie, athena ma IRIS 2 (eh iris 2 beneran mau dbuat ya?)
    kalo mang gitu berarti mang keren ya...

    ReplyDelete
  4. @syaoran (ayank changmin) iya uira senhwa ikhlas gitu
    @vanilaeru, anis itu vanilaeru ya hehe...athnenaya udah nonton sampe brapa? di 17 klo ga salah seon hwa mnculnya
    @fnurul ayo cepetan ditonton dvdnya hehe...

    ReplyDelete
  5. nggak nyangka ari yang nembak kim soen hwa, memang misi awalnya dia ngebunuh Hyun Jung, tapi ari kira dia nggak jadi karena dia cinta ama hyun jun, tapi kok malah menjalankan misinya ya dia hiks3

    ReplyDelete
  6. Athena itu beneran lanjutanya iris ya?Aku kirain cm ide crita yg sma krna pemeran sbgian besr beda,n ditayangin d tivi yg beda..
    Wah trnyata iris the movie cm cuplikan2 adegan dramany..lom nontn movieny..

    ReplyDelete
  7. @rahma athena dibilang bukan lanjutan/sekuel tapi spin off. artinya settingnya ada yang sama tapi punya alur cerita yang beda dan tokoh yang beda..gitttu

    ReplyDelete
  8. baru sampe episod 7 teh..
    iya. vanilaeru tu anis.

    agak malas nonton athena, lebih menegangkan IRIS kayaknya. walaupun aktingnya keren-keren. chemistry (jiahh, bahasanya) antar pemain juga dapat banget.

    kok kayaknya story linenya agak gimana gitu..

    ReplyDelete
  9. ahhh..gak nyangka --
    kaget..sadisnya siih mbk itu :(

    ReplyDelete
  10. Saya sarankan lebih baik jangan lihat IRIS the movie ini. Movie ini sangat berbeda dari dramanya dalam segi plot. Jangan hanya dilihat dari ending yang menunjukkan sniper yang membunuh Hyun Jun karena dari Hyun Jun mengungsi ke Jepang setelah kecelakaan pesawat juga berbeda dengan dramanya.
    Saya rasa movie ini adalah 'racun' untuk franchise drama IRIS yang mengacaukan plotnya, contohnya: Park Chul Young yang mati pada movie ini, ternyata masih hidup di Athena. Jadi saran saya jangan terlalu menghayati movie ini bila ingin masih menikmati franchise drama IRIS, karena sebentar lagi khan IRIS 2 akan tayang.

    ReplyDelete
  11. andreas d makasih sarannya..oh ya bisa aja versi movie dan drama beda ya

    ReplyDelete
  12. Jalan Ceritanya aneh...
    Coba pikir, di IRIS, chul young dibunuh ama sun hwa yang masih jadi agen (rambut pendek) sedangkan di ATHENA chul young masih hidup dan mencari sun hwa yang ingin hidup damai bersama keluarganya (rambut panjang, mana anaknya sudah gede lagi) dan akhirnya sun hwa ingin balas dendam kepada korut dan chul young yang dianggap membunuh keluarganya...
    menurut saya timelinenya agak ngaco atau ada kelanjutannya di IRIS 2, soalnya belum sempat nonoton...
    maaf kalo salah... :D

    ReplyDelete

Silakan tulis komennya di sini ya...

Related Posts with Thumbnails